Enter your keyword

Vertical/Horizontal – Intérieur/Extérieur | Pameran Foto Françoise Huguier

Vertical/Horizontal – Intérieur/Extérieur | Pameran Foto Françoise Huguier

1-12 November 2013

Pembukaan : Jumat 1 November 2013 | 19:00 WIB

Artist Talk : Rabu 6 November 2013 | 13:00 WIB

Mengintip Manusia

Françoise Huguier, fotografer terkemuka Prancis, dikenal cakap dalam memanfaatkan kamera sebagai media yang peka dan tajam menembus relung kehidupan manusia; tentang kecemasan, harapan, ambiguitas, dan paradoksnya dalam menjalani kehidupan di tengah perubahan global. Proyek fotografinya dilakukan dengan menjelajahi sebagian besar lekuk negeri di kawasan Asia Tenggara. Ia tak hanya membekukan subyek dan obyek dengan sisi gelapnya seakan muncul dari bawah tanah, tetapi juga menghidupkan mereka dari sudut pandang yang intim sekaligus mistis. Kita seakan-akan diajak memasuki voyeurism yang tak biasa dan cenderung mendorong kita mengintip melalui dimensi humanisnya.

Dengan mengapungkan isu multikultur – multietnis, karya-karya foto Huguier dalam pameran ini juga mengedepankan arti toleransi yang mutlak dibutuhkan masyarakat modern. Ini merupakan isu siknifikan sekaligus rumit untuk dipecahkan penyelesaiannya. Sebab pelbagai patologi sosial yang kini berlangsung tak bisa dilepaskan dari sikap-sikap intoleran manusia terhadap sesamanya dan juga lingkungannya.

Dalam kerangka mengingat hal-hal di atas, pameran yang terselenggara atas kerjasama Galeri Soemardja dan Institut Francis Indonesia ini diharapkan bisa menumbuhkan sikap keterbukaan, memancing lahirnya nota kesepahaman yang nyata di antara kita – yang sama-sama mengisi dan akan menentukan masa depan planet ini.

Aminudin TH Siregar
Kepala Galeri Soemardja

Website
www.institutfrancais-indonesia.com
www.francoisehuguier.com