Enter your keyword

Haryadi Suadi dan T. Sutanto: Grafis, Lukisan, Gambar, dan Arsip

Haryadi Suadi dan T. Sutanto: Grafis, Lukisan, Gambar, dan Arsip

Haryadi Suadi dan T. Sutanto: Grafis, Lukisan, Gambar, dan Arsip

Pembukaan:

Senin, 6 Mei 2013. 19.00 WIB

Galeri Soemardja
Jl. Ganeca no.10
Bandung

Pameran:

7-24 Mei 2013
08.00-16.00 WIB

Diskusi & Sarasehan:

16 Mei 2013
14.00 WIB
Pembicara: Haryadi Suadi & T. Sutanto
Moderator: Priyanto Sunarto

Haryadi Suadi dan T. Sutanto adalah duo yang turut mengembangkan seni grafis di Indonesia, khususnya untuk teknik cukilan kayu dan silk screen (sablon). Mereka tercatat sebagai mahasiswa pertama studio seni grafis ITB – ketika studio ini dibuka pada 1964. Selain mengerjakan grafis, semenjak pertengahan 1960-an, keduanya juga dikenal luas sebagai pembuat karikatur dan ilustrasi pada suratkabar dan majalah-majalah. Di samping itu, hasil karya kedua seniman ini bisa kita temukan berupa sampul depan dalam sejumlah buku.

Pameran kali ini, tidak hanya memamerkan karya-karya grafis maupun lukis Haryadi Suadi dan T. Sutanto, tetapi turut menampilkan ilustrasi, kartun, dan karikatur. Selain itu, arsip-arsip, artefak-artefak pribadi keduanya, baik yang berhubungan dengan proses berkarya secara langsung maupun tidak (seperti: alat-alat lukis, cukil, buku-buku koleksi, katalog dan sebagainya), juga dihadirkan di ruang galeri.

Karena itu, pameran ini ingin memperlihatkan sosok Haryadi Suadi dan T. Sutanto secara lebih jembar (luas) yang berhubungan dengan ihwal kesenimanan antar keduanya; proses berkarya; eksplorasi medium; soal karir; kiprah di medan seni; tentang kehidupan pribadi; dan sebagainya. Pameran ini diharapkan bisa membangun pengertian khalayak tentang perjalanan hidup seniman Indonesia yang memiliki sifat khas, unik, otentik serta merefleksikan kejeniusan lokal.