Enter your keyword

Trienal Seni Grafis Indonesia IV

Trienal Seni Grafis Indonesia IV

Sejak tahun 2003, Kompetisi Trienal Seni Grafis Indonesia mulai ikut meramaikan dunia seni rupa Indonesia sebagai satu-satunya kompetisi seni grafis berskala nasional di Indonesia. Dengan terus bertambahnya partisipan disetiap tahunnya, kali ini untuk ke-empat kalinya Bentara Budaya menyelenggarakan kompetisi tersebut untuk melanjutkan pencatatan pertumbuhan seni grafis di Indonesia yang diharapkan juga dapat mengukuhkan eksistensinya di Asia Tenggara.

Masih mengusung semangat yang dibangun pada penyelenggaraan sebelumnya, Trienal Seni Grafis Indonesia IV 2012 juga mengacu pada batasan konvensi seni grafis Indonesia. Melewati berbagai tahap seleksi, dari seluruh 224 pegrafis dan total 405 karya yang ikut serta menyisakan hanya 51 karya dari 41 pegrafis yang dianggap memenuhi kualitas teknik cetak konvensional dalam seni grafis, yaitu cetak tinggi (cukilan kayu, lino), cetak datar (litografi), cetak dalam (etsa, mezzotint, engraving, dry point, collagraphy), dan cetak saring (sablon).

Pameran di Galeri Soemardja kali ini merupakan penutup dari rangkaian Pameran Trienal Seni Grafis IV, sebelumnya karya-karya finalis sudah dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta (2012), Balai Soedjatmoko Solo (2012), Bentara Budaya Yogyakarta (2012), Bentara Budaya Bali (2012), dan House of Sampoerna Surabaya (2013).

Pembukaan : Senin, 25 Februari 2013. 19.00 WIB
Pameran : 26 Februari – 12 Maret 2013. 09.00-16.00 WIB (Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional tutup)

Pameran ini terselenggara atas kerjasama Galeri Soemardja dengan Bentara Budaya dan Kompas Gramedia.